Pernahkah Anda ketika bertemu lagi dengan seorang kerabat lama, kini untuk memeluknya sekarang Anda harus sedikit membungkuk. Apa ini artinya Anda bertambah tinggi atau dia yang bertambah pendek?

Jawabannya menurut Professor Barbara Workman dari Monash Ageing Research Centre (MON-ARC), Australia, bisa keduanya. Bila satu individu belum habis masa pertumbuhannya tentu tingginya bisa terus bertambah hingga selisih juga jauh, tapi bisa jadi juga individu yang lain memang tubuhnya bertambah pendek.

periode pertumbuhan manusia, siklus pertumbuhan manusia, pertumbuhan manusia

Menurut Workman manusia pada umumnya memang cenderung akan menyusut ketika bertambah usia. Penyebab utamanya adalah karena penipisan diskus tulang belakang yang letaknya di antara tulang sepanjang tulang belakang.

"Diskus ini bisa mengalami degenerasi atau rusak sepanjang waktu, dan ini artinya punggung Anda akan bertambah pendek karena diskus yang menipis," kata Workman seperti dikutip dari ABC Australia pada Rabu (30/3/2016).

"Alasan lainnya yang bisa membuat orang bertambah pendek di usia tua adalah mereka kena fraktur tulang belakang akibat osteoporosis," lanjutnya.

Lebih jauh Workman menambahkan pada usia 30-an orang-orang juga sebetulnya akan mengalami penyusutan massa otot secara alami dan hal ini bisa ditahan dengan menjaga tingkat aktivitas fisik. Hanya saja memang beberapa kondisi medis dapat menyebabkan penyusutan terjadi lebih cepat dan kasat mata.

Diperkirakan dalam kondisi normal seseorang bisa kehilangan 0,5 sampai 1 sentimeter per dekade dimulai dari usia 40 tahun. Memasuki usia 70 sampai 80 tahun penyusutan tersebut akan terjadi lebih cepat dan variasinya berbeda untuk pria dan wanita.

"Pria karena dari awalnya cenderung memiliki tulang dan otot yang lebih besar maka mereka membutuhkan waktu lebih lama untuk menyusut sampai pada titik yang secara klinis signifikan," pungkas Workman.