Nutrisi menjadi asupan penting bagi anak pada masa pertumbuhannya. Anak-anak membutuhkan nutrisi yang tepat agar tetap sehat dan kuat, serta tumbuh sehat dan kuat. Nutrisi untuk anak-anak juga dapat membantu membangun dasar untuk kebiasaan makan yang sehat dan pengetahuan nutrisi yang dapat diterapkan anak hingga tumbuh dewasa kelak.


Salah satu sumber nutrisi yang penting untuk pertumbuhan anak adalah protein. Protein adalah bahan pembangun jaringan tubuh. Protein membantu memperbaiki dan memelihara jaringan vital, serta sangat penting untuk pertumbuhan semua sistem organ termasuk tulang dan otot. Protein dalam tubuh juga bekerja sebagai enzim, molekul kekebalan, hormon, dan pembawa pesan seluler.

Nutrisi untuk Optimalkan Tinggi Badan

Tinggi badan sangat bergantung pada genetik, tetapi mendapatkan nutrisi yang cukup pada makanan sangat penting untuk memastikan pertumbuhan dan perkembangan yang tepat. Meskipun anak tidak dapat tumbuh lebih tinggi setelah mencapai tinggi maksimum, makanan tertentu dapat membantu anak mempertahankan tinggi badan dengan menjaga tulang, persendian, serta tubuh untuk tetap sehat dan kuat.

Misalnya protein, yang memainkan peran penting dalam perkembangan tubuh serta meningkatkan perbaikan jaringan dan fungsi kekebalan. Mikronutrien lain seperti kalsium, vitamin D, magnesium, dan fosfor terlibat dalam kesehatan tulang, yang merupakan pusat pertumbuhan.

Probiotik, yang merupakan salah satu jenis bakteri menguntungkan yang sering ditemukan pada makanan fermentasi, ternyata juga dapat meningkatkan pertumbuhan pada anak-anak. Berikut makanan yang bisa membantu membuat anak lebih tinggi atau menjaga tinggi badan:

1. Kacang

Kacang sangat bergizi dan merupakan sumber protein yang sangat baik. Kacang juga mengandung zat besi dan vitamin B yang tinggi, yang dapat membantu melindungi dari anemia. Selain itu, kacang-kacangan juga kaya akan beberapa nutrisi lain, seperti serat, tembaga, magnesium, mangan, dan seng yang baik untuk pertumbuhan anak.

2. Ayam

Ayam kaya akan vitamin B12, yaitu vitamin yang larut dalam air. Kandungan nutrisi dalam ayam ini memiliki peran penting dalam pertumbuhan dan menjaga tinggi badan. Ayam juga juga sarat dengan taurin, asam amino yang mengatur pembentukan dan pertumbuhan tulang. 

3. Kacang Almond

Kacang almond mengandung banyak vitamin dan mineral yang diperlukan untuk optimalkan pertumbuhan anak Selain mengandung banyak lemak sehat, kacang almond juga kaya serat, mangan, dan magnesium.

Almond juga kaya akan vitamin E, yang larut dalam lemak dan berfungsi ganda sebagai antioksidan. Kekurangan vitamin penting ini bisa sebabkan efek samping yang serius, termasuk terhambatnya pertumbuhan anak. Almond juga dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang. 

4. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau, seperti bayam, kangkung, arugula, dan kubis, sangat direkomendasikan sebagai sumber asupan nutrisi baik untuk tumbuh kembang anak. Sayuran berdaun hijau kaya akan vitamin C, kalsium, zat besi, magnesium, dan kalium yang terkonsentrasi.