Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahaya High Heels Bagi Kesehatan Wanita

Banyak wanita mengaku menggunakan high heels agar terlihat modis dan gaya. Padahal, sebuah studi menunjukkan adanya bahaya yang disebabkan karena menggunakan high heels.

Dikutip dari Ezine Articles sebuah studi di Australia menyebutkan adanya bahaya yang disebabkan karena menggunakan high heels. Penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti asal Australia ini melibatkan dua kelompok perempuan yang menggunakan high heels dan tidak dalam kurun waktu 2 tahun. Hasilnya cukup mengejutkan, yakni pemakai high heels mempunyai perbedaan otot pada bagian betis dibandingkan yang jarang menggunakan high heels. Hal ini disebabkan otot betis berkontraksi dan menyesuaikan sudut dari high heels. Akibatnya, otot menjadi lebih pendek dan tegang.

highheels,sepatu hak tinggi,sandal tinggi,bahaya highheels,Bahaya Sandal Sepatu High HeelsKonsekuensinya, jika terjadi peregangan yang berlebihan pada bagian betis maka akan terjadi pemendekan otot pada betis. Seorang Biomechanics mengatakan bahwa wanita yang menggunakan high heels lebih memungkinkan terserang kejang otot. Selain itu, high heels juga akan membuat seorang wanita mudah cedera karena posisi sepatu yang tak seimbang.

Pemakaian sepatu berhak tinggi yang terus-menerus juga dapat meningkatkan resiko radang pada ibu jari, kerusakan tulang telapak kaki dan meningkatkan resiko jari yang melengkung. High heels yang terlalu tinggi juga membuat kaki merosot ke bagian depan sepatu karena beban tubuh tertumpu pada jari-jari kaki. Bila sepatu Anda model tertutup, jari-jari kaki tentu akan mengalami kesakitan karena mengenai dinding sepatu.

Beberapa Bagian Dari Tubuh Anda Yang Juga Akan Terserang

Lutut

Postur yang dihasilkan saat berjalan dengan high heels menambah paksaan pada bagian belakang lutut, daerah umum dari Osteoarthritis. Menurut sebuah studi, tekanan sendi lutut meningkat sebanyak 26 persen ketika wanita mengenakan high heels.

Postur tubuh

High heels mendorong pusat massa pada tubuh ke depan, membuat pinggul dan tulang belakang tidak lagi sejajar, dari samping tubuh akan terlihat melengkung.

Tekanan

High heels mungkin saja membuat kaki tampak lebih jenjang. Namun, semakin tinggi hak sepatu Anda, semakin tinggi pula tekanan pada kaki bagian depan (pada jari-jari). Saat Anda mengenakan sepatu berhak 2,5 cm, tekanan akan bertambah 22 persen, sedangkan sepatu berhak 7,5 cm akan menambah tekanan sebanyak 76 persen.

Betis

Otot betis berkontraksi dan menyesuaikan sudut dari high heels. Akibatnya, otot menjadi lebih pendek dan tegang.

Tumor jinak

Tinggi hak sepatu dan bagian depan sepatu yang sempit dapat menimbulkan penebalan jaringan saraf antara jari ketiga dan keempat, yang dapat menimbulkan rasa sakit dan mati rasa pada jari.

Achilles Tendon

Ketika bagian depan kaki bergerak ke bawah sesuai arah haknya, urat keting akan menegang. Semakin tinggi haknya, semakin pendek uratnya, menciptakan sakit pada tumit.

Bahaya Sandal Sepatu High Heels,high heel efect, bahaya sepatu sandal tinggi,efek samping sepatu sandal tinggi

Berikut Bahaya Sandal Sepatu High Heels Bagi Kesehatan

  • Ketika menggunakan high heels, pinggul miring ke depan dan menambah kelengkungan pada tulang belakang. Tulang belakang akan tertumpah ke belakang untuk mengoreksi keseimbangan dan hal ini dapat menyebabkan pemampatan pada punggung bagian bawah.
  • Pemakaian sepatu berhak tinggi yang terus-menerus juga dapat meningkatkan risiko radang pada ibu jari, kerusakan tulang telapak kaki dan meningkatkan kaki merosot ke bagian depan sepatu karena beban tubuh tertumpu pada jari-jari kaki.
  • Postur yang dihasilkan saat berjalan dengan high heels, menambah paksaan pada bagian belakang lutut, daerah umum dari Osteoarthritis di antara wanita.
  • High heels mendorong pusat massa pada tubuh kedepan, membuat pinggul dan tulang belakang tidak sejajar lagi dari samping tubuh akan terlihat melengkung.
  • Otot betis berkontraksi dan menyesuaikan sudut dari high heels, akibatnya otot menjadi lebih pendek dan tegang.
  • Tinggi hak sepatu dan bagian depan sepatu yang sempit dapat menimbulkan penebalan jaringan saraf antara jari ketiga dan ke empat yang dapat menimbulkan rasa sakit dan mati rasa pada jari kaki.
  • Kaki akan mudah cedera terutama bagian ankle.
  • Otot kaki bagian bawah tidak akan bekerja maksimal.
  • Peredaran darah tidak akan lancar dan terhambat dibeberapa tempat.
  • Otot lebih mudah cedera dan aliran darah tidak lancar.
  • Mengenakan high heels membuat badan cenderung condong kedepan, ini menyebabkan perlahan tapi pasti tulang punggung Anda tidak akan tegak dan lurus, namun condong ke depan.
  • Tekanan pada jari-jari kaki lebih besar, sehingga pada umumnya jari kaki akan bengkok bentuknya tidak lagi alami seperti biasanya.
  • Beberapa peneliti menyebutkan bahwa high heels mampu mempengaruhi ketidaklancaran Sistem Urogenital, mereka yang mengenakan high heels, sistem pembuangannya tidak lancar, sulit buang air besar maupun kecil.
  • Mempengaruhi bentuk tulang dan tubuh.
  • Mempengaruhi kesuburan dan hasrat seksual.

Solusi Untuk Anda

  1. Pastikan Anda memiliki beberapa jenis sepatu dan kenakan high heels hanya pada momen-momen tertentu saja.
  2. Pilih high heels di bawah 1 inchi agar lebih aman dan nyaman di kaki.
  3. Saat berada di luar momen penting, kenakan flat shoes atau sandal agar kaki dapat lebih rileks dan beristirahat.
  4. Lakukan terapi pada kaki, hal ini bisa dilakukan dengan berjalan di atas batu-batuan bulat atau diatas pasir pantai yang hangat.
  5. Pijat dengan rutin kaki Anda agar peredaran darahnya menjadi lebih lancar.
  6. Kenali bahaya sandal dan sepatu high heels dari sekarang!

Setelah Anda mengetahui akan bahaya yang timbul karena seringnya menggunakan sandal sepatu high heels, apakah solusi Anda? Apakah selamanya Anda akan mencoba mengambil resiko berbahaya diatas? atau Anda berusaha berubah dengan melakukan terobosan hidup yaitu menambah tinggi badan? Kenapa harus selalu menggunakan sandal sepatu high heels jikalau Anda mempunyai tinggi badan yang ideal? eLeMeN adalah solusi yang akan memudahkan Anda dalam menambah tinggi badan, sekaligus solusi menghindari sandal sepatu high heels.

Dengan eLeMeN tulang Anda akan dirangsang untuk tumbuh lebih panjang dengan peregangan secara rutin dengan Alat Terapi eLeMeN dilanjutkan dengan Senam Pilates untuk merangsang pertumbuhan kaki, lalu dilanjutkan dengan mendengarkan Audio Brainwave, dimana ia akan merangsang hormon pertumbuhan manusia atau HGH untuk aktif tumbuh maksimal, menambah tinggi badan dan juga memperbaiki postur tubuh Anda.

Posting Komentar untuk "Bahaya High Heels Bagi Kesehatan Wanita"