Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makanan Peninggi Badan

Banyak makanan peninggi badan yang bisa kita konsumsi setiap hari untuk membantu proses pertumbuhan tulang secara alami. Ada tiga unsur nutrisi yang tubuh butuhkan agar mampu memberi dukungan terhadap tulang dan otot yang akan berpengaruh pada tinggi badan.

makanan peninggi badan, makanan peninggi badan alami, apa itu makanan peninggi badan, contoh makanan peninggi badan, cara meninggikan badan dengan makanan peninggi badan, perkembangan tubuh, proses pertumbuhan tulang, gizi seimbang, bagaimana proses pertumbuhan, tambah tinggi, membantu proses pertumbuhan, suplemen herbal

Protein menjadi unsur utama pembentuk tubuh kita. Anda bisa bertanya pada ahli gizi mengenai kegunaan protein di dalam tubuh. Mereka pasti akan menjawab bahwa protein boleh dibilang sebagai nutrisi vital untuk mendorong pertumbuhan jaringan otot, tulang, organ, kulit dan gigi. Hal ini berlaku pula dalam hal tinggi badan karena di dalam protein terdapat asam amino yang diperlukan oleh hormon pertumbuhan.

Mineral adalah sekumpulan komponen nutrisi penting yang harus terdapat pada makanan peninggi badan. Makanan yang diperkaya magnesium, fosfor, yodium, zat besi, mangaan dan fluor bisa mendukung proses pertumbuhan. Sementara kalsium adalah mineral utama yang paling dibutuhkan untuk memelihara tulang.

Vitamin D di dalam tubuh sangat membantu tulang memperoleh kalsium secara optimal. Pasalnya, Vitamin D memiliki aktivitas membantu penyerapan kalsium untuk pemeliharaan tulang yang kuat dan sehat. Kekurangan Vitamin D akan berisiko terhadap pengeroposan tulang dan terganggunya pertumbuhan.

Ketiga unsur nutrisi diatas sangat diperlukan untuk Anda yang ingin mendapatkan postur tubuh ideal. Nah, untuk memperoleh semua nutrisi tersebut, kita bisa menemukannya pada makanan yang dapat menambah tinggi badan. Berikut ini beberapa diantaranya;

Ashwagandha

Tanaman bernama Ashwagandha ini berasal dari India. Ada orang yang menyebutnya sebagai Gingseng India atau Withania Somnifera. Di dalam dunia kedokteran, nama tanaman ini memperoleh perhatian cukup besar. Pasalnya penduduk India kuno, mewariskan sistem pengobatan tradisional bernama Ayurveda yang memanfaatkan tanaman ini. Ashwagandha terkenal akan komponen biologis aktifnya seperti Alkaloid, Saponin, Lakton Steroid, Kolin dan zat besi. Padanya juga terkandung 18 jenis asam lemak yang berbeda dan beberapa merupakan Polifenol dan Pitosterol. Bubuk tanaman ini bisa kita konsumsi secara rutin untuk menaikkan tinggi badan. Kemampuan Ashwagandha untuk membantu menambah tinggi badan terbukti karena di dalam tubuh ia akan bekerja untuk merangsang hormon pertumbuhan yang akan membuat kerangka tulang menjadi lebih luas, kuat dan padat.

Susu dan Produk Olahannya

Satu zat yang sangat penting untuk merangsang laju pertumbuhan tulang adalah kalsium. Untuk memperoleh kalsium, Anda bisa dengan mudah mencarinya di dalam segelas susu. Pilihlah susu yang tinggi kandungan kalsium dan rendah lemak. Minum secara rutin susu rendah lemak tersebut setiap hari, pada pagi setelah bangun tidur dan malam hari menjelang tidur. Selain susu, ada makanan peninggi badan lain yang bisa menjadi alternatif bila Anda bosan dengannya. Produk minuman atau makanan yang tinggi kalsium seperti susu bisa Anda peroleh dari banyak sumber seperti Yoghurt, keju, es krim dan krim kocok (Whipping Cream) contohnya juga kaya akan Vitamin A, B, D, E, kalsium dan protein. Semua nutrisi alami untuk menunjang tinggi badan Anda bisa didapat dari makanan tersebut.

Buah dan Sayuran

Bila Anda termasuk orang yang hobi ngemil, maka pilihlah cemilan menyehatkan. Buah dan sayuran berikut ini mungkin bisa mengganti sekaleng keripik kentang yang selama ini berdiri di atas meja Anda. Jeruk, melon, pisang, pepaya, mangga, semangka, markisa, aprikot, kacang polong, bok choy, brokoli, bayam, ubi jalar, okra, labu, lobak, wortel, kubis dan kentang. Semua mengantongi sejumlah nutrisi untuk menambah tinggi badan, seperti Vitamin A dan Kalium. Vitamin A yang selama ini Anda kira cuma baik dalam menjaga kesehatan mata, ternyata memiliki peran lain dalam mengembangkan tulang dan jaringan tubuh. Sementara buah seperti jeruk dan sayur seperti tomat cukup banyak mengandung Vitamin C. Vitamin ini juga berkontribusi pada pengontrolan tulang dalam melakukan pertumbuhan yang sehat dan normal. Kita mungkin kesulitan memperoleh kalsium dan protein pada buah ataupun sayuran, tetapi kehadiran mereka tetap dibutuhkan tubuh agar selalu fit dan prima.

Daging Ayam

Daging ayam merupakan makanan terbaik yang mampu menambah tinggi badan yang sekaligus menambah berat badan dengan meningkatkan massa otot. Hal ini dikarenakan ayam menjadi sumber protein tinggi yang sangat berguna untuk pertumbuhan jaringan otot tubuh. Pastikan bila Anda ingin mengkonsumsi daging ayam agar dibakar atau dipanggang saja. Dengan proses pemasakan semacam ini, maka kandungan gizinya tetap tinggi dan tidak akan membawa risiko akibat lemak dan kolesterol dari proses penggorengan pada umumnya.

Daging Sapi

Selain ayam, daging sapi juga merupakan sumber protein yang cukup banyak. Tetapi jangan lupa, sapi juga menyimpan lemak. Untuk menikmati manfaat kesehatan darinya, terutama dalam melancarkan usaha untuk mencapai tinggi badan yang maksimal, maka pilihlah daging merah, yang juga berguna untuk mencapai massa tubuh ideal.

Pati dan biji-bijian

Dalam memilih menu makanan sehat sehari-hari, kita harus memperhatikan apakah semua makanan yang kita pilih bisa menjaga kesehatan seluruh organ kita serta mendukung pertumbuhan jaringan, otot dan tulang. Untuk mendapatkan tinggi badan seperti yang kita inginkan, kita tidak bisa hanya terfokus pada makanan yang mengandung protein, kalsium dan Vitamin D saja. Makanan yang menyimpan serat, karbohidrat, mineral dan vitamin lain juga diperlukan. Untuk itu, Anda bisa menambahkan salah satu makanan yang berasal dari pati dan biji-bijian seperti beras merah, jagung, pasta gandum, oatmeal dan roti gandum yang juga baik untuk penambahan berat badan.

Telur

Anda tidak mungkin lupa, kalau dalam sebutir telur saja, terkandung banyak sekali protein. Menurut informasi yang saya peroleh dari berbagai sumber, ternyata kandungan telur tidak hanya protein saja, melainkan ada vitamin D dan kalsium juga yang seperti diawal dikatakan bisa membawa rangsangan terhadap hormon-hormon pertumbuhan untuk tulang lebih berkembang dan sehat. Konsumsilah telur, tidak perlu membuang bagian kuningnya, karena lemak di dalamnya tidak akan membuat Anda gemuk. Dalam sehari, siapkan dua atau tiga butir telur di dalam kulkas Anda, ketika ingin memasaknya, ambillah proses perebusan agar tubuh memperoleh banyak manfaat dari kandungan utuh telur tersebut.

Tahu

Tahu adalah makanan sederhana yang diistimewakan oleh tubuh. Alasannya, selain murah, kita semua tahu kalau tahu menjadi satu makanan yang sangat kaya akan protein nabati dan kalsium, karena ia termasuk hasil olahan produk kedelai. Keunggulan lain dari tahu adalah rendahnya kalori dan lemak sehingga sangat cocok sebagai makanan peninggi badan alami yang tidak bikin gemuk.

Ikan

Tahukah Anda, kalau Indonesia adalah negara dengan tinggi badan penduduknya paling pendek dibandingkan negara tetangga ASEAN lainnya? Laporan ini dipublikasikan oleh Asean DNA pada tahu 2014 lalu. Menurut survey dan analisis data, tinggi badan rata-rata pria di Indonesia hanya mencapai 165 cm, sementara wanita 155 cm. Berbeda jauh dengan Malaysia, Negeri Jiran yang terkenal akan logat melayunya tersebut. Mereka (penduduk Malaysia) mempunyai rata-rata tinggi badan 170 cm pada pria dan 160 cm pada wanita. Hal ini sempat menjadi perhatian beberapa pihak terkait, pasalnya, Vietnam yang budayanya tidak terlalu jauh berbeda dengan Indonesia pun ternyata tinggi badannya jauh di atas kita. Mengapa bisa demikian ya?

Menurut Direktur Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Kementrian Kelautan dan Perikanan, Saut Hutagalung, selama enam tahun terakhir, masyarakat kita (Indonesia) tidak memperoleh ikan dalam jumlah cukup tiap harinya. Akibatnya, generasi muda kita posturnya lebih pendek dari rumpun dan suku bangsa di Asia Tenggara lainnya. Nah, jadi jelas sekali kalau ikan merupakan makanan peninggi badan paling efektif dan signifikan yang membawa perubahan. Bagaimana bisa? Berikut ini penjelasannya; "Ikan adalah sumber protein hewani yang juga kaya akan vitamin. Baik itu ikan air tawar ataupun air laut (asin), semuanya berlaku akan kandungan unsur vitalnya seperti protein, Vitamin D dan lemak. Lemak di dalam ikan laut maupun air tawar mudah diserap tubuh dan sebagian besar jenisnya adalah asam lemak tak jenuh yang dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan dan menurunkan kolesterol darah.

Hingga kini, ikan yang direkomendasikan untuk menunjang gizi dan pertumbuhan adalah Ikan Tuna dan Salmon. Ikan tersebut sangat kaya akan unsur-unsur penting dari banyak kebutuhan tubuh untuk melancarkan dan mengontrol proses pertumbuhan. Bila kita tidak mau melahirkan generasi muda (setelah kita) yang postur tubuhnya lebih pendek lagi, maka kita harus menuruti apa yang tubuh kita minta untuk mencapai kebutuhan tersebut.

Sebaiknya informasi ini tidak Anda abaikan, demi kemudahan Anda dalam mendapatkan tinggi badan ideal. Pertumbuhan tinggi badan tidak akan maksimal dengan mengabaikan makanan peninggi badan diatas. Karena pertambahan tinggi didapat dari semua faktor baik luar dan dalam tubuh. eLeMeN akan membantu Anda tumbuh lebih tinggi sesuai dengan usaha Anda, namun perlu diingat tulang dan otot juga membutuhkan nutrisi gizi dari makanan yang Anda makan untuk tumbuh dan berkembang.

Posting Komentar untuk " Makanan Peninggi Badan"